Saturday, September 13, 2008

BOROS

B. O. R. O. S

5 huruf itu yang tepat ngegambarin cc saat ini.. Uff..

Seingat cc terakhir kali cc saving uang di Bank itu bulan Juni lalu, setelah itu, klo terima honor, ya paling banter cm masuk dompet doank.. ikss.. dan disinilah kesalahan cc, tabungan ga pernah keisi, tp kerja cc belanja mulu.. ini yang dikatakan orang tua dulu, besar pasak daripada tiang.

Sudah beberapa bulan ini, cc rajin banged beli buku.. yeahh ini seperti sebuah pelarian klo cc pikir, kejenuhan cc dengan aktivitas yang kadang ada kadang tiada membuat cc bosan banged sampe butuh banged hiburan, nonton film dan beli buku adalah salah dua dari alternative hiburan bagi cc.

Klo dah jalan ke Gramed, lalu liad buku terbitan baru dari penulis andalan cc, cc langsung beli, ga liad harga lagi deyh, ga mikir juga kondisi dompet, klo toh memang uang cash ga mencukupi, toh tinggal masih punya kartu Debit. Hihihihi nakal memang.

Bisa dibayangkan klo itu terjadi selama beberapa bulan ini, tabungan terkuras terus, sementara tidak ada pemasukan sama sekali, hilang deyh harapan tuk nabung banyak² untuk mendukung kehidupan cc kelak *hwalah!!!*

Memang, selama ini, bahkan sejak kuliah di Jogja dulu, cc selalu ga pernah mikir dua kali klo mo beli buku, langsung ambil, bayar.. akhir bulan baru pusing..hihihih rasain! Tp cc selalu rela membayar mahal untuk sebuah pengetahuan baru, pengalaman baru, informasi baru, dan semua yang bisa cc dapatkan dalam sebuah buku. *Pembenaran!!!* Masalahnya membeli 1 buku tidaklah pernah cukup buat cc! hehehe!

Sampe kemudian minggu lalu, terakhir cc ke GRAMEDIA (ini susahnya di Makassar ga ada toko buku seperti Toga Mas, yang bisa memanjakan orang seperti cc dengan diskonnya, hiks!) dan kembali cc membeli beberapa buku (wlopun niat awalnya cm pengen cuci mata aj, tp begitu ngeliad buku² itu.. ohhh pertahanan cc runtuh!).

Seperti biasa pula, cc hanya mengeluarkan kartu Debit untuk membayar. Setelah selesai dengan semua pembayaran, iseng cc ngecek saldo rekening cc, masih cukupkah untuk membeli buku lagi lain hari??? Dan apa yang terjadi????

Cc speechless ngeliad saldo ditabungan cc yang udah hampir mendekati batas limit pengambilan. OMG….!!! Ini benar² sudah kelewatan.. budget yang cc keluarin sudah sedemikian besar, sementara tabungan ga pernah terisi..Ikss… parach niyh..!

Oh… kayaknya memang harus meredam diri niyh.. tp apa bisa?? Ahh entahlah!!! Cc sendiri ga bisa menjawabnya..

49 comments:

  1. Pertamaxx belum abis kan? ngga apa-apa cc kan cewek mah hobby nya belanja hehe...

    ReplyDelete
  2. kedua!!!

    ternyata ga cuma cowok yah yg boros :)

    ReplyDelete
  3. oke deh....jadi selingkuhan yang ketigaaax.....
    oke saya datang nih.....
    1. mau nagih janji sahur sekarang ada apa yah...?....hmmmmm,ada yang baru?
    2. oh ternyata boros juga toh.....waduh,ntar gimana kalo dah punya anak nih....jangan-jangan jajan anak di embat juga...hihihihih, becanda lo.......

    (set langkah seribu on.....)

    ReplyDelete
  4. wakakakkaa ternyata sama mbak dulu pas dijember, kalau sudah masuk toko buku, yang niat awalnya cuma liat-liat, pasti deh ujung-ujungnya membeli walaupun itu hanya sebuah buku saja. untungnya di situbondo gak ada tuh yang namanya gramedia, toga mas, atau toko buku lengkap lainnya so disitubondo jarang beli buku, hehehehe
    lho kok aku ikutan curhat ya

    ReplyDelete
  5. Loh Loh Loh... uang hasil jualan kue kan juga pemasukan kan bu ??? masak bikin kue sampe belepotan ga kesisih juga?? *Sok Dewasa*

    Andaikan aku kaya akan ku transfer kau setiap bulan *lebay*

    ReplyDelete
  6. wah.. cc gawat..
    tapi untungnya ketagihan buku, bukan yang aneh-aneh ya c.. ;D

    ReplyDelete
  7. he..he tidak apa sedikot boros yang penting beli yang bermanfaat!

    ReplyDelete
  8. hmmm management uang dong makanya.... kalo boros gini kapan bisa traktirin aa mochal nigh... wekekekekekek (hmm apalagi kalo sudah jadi ibu rumah tangga...ga bisa bayangin...)

    ReplyDelete
  9. gak boros dong..lho koq gak boros? menurut saya kamu gak boros unieq kan ada imbalannya kamu dapat ilmu dari buku yang kamu beli itu..n itu pasti kepuasan tersendiri..
    klo uang kamu hamburkan untuk hal2 yang gak begitu penting dan gak berguna itu namanya boros.. duit habis ilmu juga gak dapet..
    yang pasti kamu mulai sekarang harus pintar2 memanage uang supaya pengeluaran bisa teratur..

    ayoo mulai nabung lagi buat beli buku berikutnya :D

    ReplyDelete
  10. Huehuehue (makkala').

    Wajarlah, secara, sebagai manusia kita selalu merasa kebutuhan kita tidak tercukupi, apalagi soal uang wang wang.

    Tapi itu kenyataan yang dihadapi oleh setiap makhluk yang bernama manusia, coba tengok makhluk yang laen, gak ada tuh yang resah dan gelisah. Hualah (sok tak).

    ReplyDelete
  11. hrehehe sama kyk aku besar pasak daripada tiang :D

    ReplyDelete
  12. aiooo hemat buat lebaran entar :D

    www.volverhank.com

    ReplyDelete
  13. Ya ampun..emang nih kalo udah menguasai teori psikologi konsumen dan psikologi niaga, belun ntu juga ya bisa lepas dari godaan-nya yang tiada bertepi *huah*..

    Jadilah cc yang bookshopaholic. Belajar hemat? Gakpapa.. Asal jangan juga berubah drastis dengan ngesave ampe kelewat pelit. Ups..maap.. CC kan gak pelit. Buktinya kemaren dateng ke tempat Jonny bawa kue setoples meski dibawa pulang lagi karena yang punya rumah gakada *huaaaa antiklimaks banget endingnya..* Ya sudah.. musti menerapkan senjata bawel ala ibu rumah tangga nih! H>E>M>A>T non, H>E>M>A>T!!!! Sini, duitnya titipin aku aja.. Tak bantuin nyimpen.. Bunga 3% deh.. *Makelar mode : on* Kalo udah begono, kagak punya duit gimana coba? Contoh donk Jonny. *emang Jonny punya banyak duit nan hemat juga?* YA ENGGAK LAHH.. Huahahaha.. Mari berhemat dibulan yang penuh berkah ini *sambil ngelirik cc berharap lebaran entar ngasih ampaw buat Jonny* Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  14. Ooooo...ini toh masalahnya. jawaban Untuk pertanyaan mbak kemarin Nanti saya post deh berikut caranya beserta triknya..

    ReplyDelete
  15. gpp koq, kan borosnya beli buku c, sebanding lah dgn manfaat nya. hehehe...

    ReplyDelete
  16. buku itu investasi cc, jgn kuatir boros ato konsumtif gr2 beli buku mulu. jaman kuliah tuh oping punya pos tersendiri buat buku. sekian % dari jatah ongkos bulanan. dan sialnya buku2 nya oping itu mahal2. tebel2 deh biasa. tapi untungnya tipe bukunya oping itu bukan novel. jadi ga akan abis dibaca satu malem. jadi awet hahahaha...
    klo di bandung ada tempat namanya palasari. harganya bisa lebih murah mpe 20% dr harga di gramed. apalagi bajakannya bisa jauh lebih murah lagi. surga banget d...

    ReplyDelete
  17. Wah... sama borosnya nih. apalagi pas pameran buku, hehehehe...

    ReplyDelete
  18. sammak dunk. beruntung saya mulai mengerti bagaimana penerapan manajemen atur uang. hehehe

    ReplyDelete
  19. buat saya, beli dan baca buku itu investasi, bukan pemborosan. akan jadi pemborosan, jika buku yang kita beli tak terkait dengan mission yang sedang kita kembangkan saat ini. mungkin bisa paksain "first think first" nya covey untuk memahami hal ini. karena menurut saya lagi, kita tak perlu mengetahui semua hal secara mendetail. why? karna otak kita bukan sampah :P

    en kalo tetep terpaksa harus baca banyak hal, namun low budget, ya ke perpusnas atau google aja. or coba aja cari beasiswa untuk S2 or S3. wakakakak... biar dapet uang buku:) maju terus jengggg.......

    ReplyDelete
  20. Saya gak hobi baca walaupun banyak buku koleksi suami di rumah. Tapi sekarang baca via internet aja, sambil belajar nge-blog :D . Salam kenal ya

    ReplyDelete
  21. ih kutu buku yah, gpp asal jgn kutu yg lain

    ReplyDelete
  22. klo gw seh kagak boros2 amat cuma pengeluaran lebih banyak dari pendapatn heheheheh

    ReplyDelete
  23. aduh... cc... makanya bunda khan udah ngasih kemarennn uangnya habisss... *gaya ibu2 ngomel* ha.ha. becnda..bunda juga boros kok kata suami bunda sering marah2..knapa ya? kok kayaknya wanita itu gampang sekali tertarik membelanjakan uangnya (uang suami/uang ortu ha.ha)

    ReplyDelete
  24. Biar telat asal coment..
    Saving..Saving..Saving..Saving....
    Cc...Kan mo belanja bareng.. jgn boros donk ^_^

    ReplyDelete
  25. gak apa2 kali c... nanti kan mau dapet THR... bisa buat bengkakin tabungan lagi tuh ...
    THR tinggal beberapa hari lagiiiiii :D

    ReplyDelete
  26. makanya diem aja dirumah...baca koran aja, ato klo udah baca koran, cc boleh baca tulisan" yg ada di bungkus indomie, sampo, sabun dan lain lain...hehehe

    ReplyDelete
  27. kunjungan pertama...
    langsung suka :)
    aku juga boros..... ;) hehe...
    salam kenal...

    ReplyDelete
  28. kayanya emang kebutuhan dan harga yang emang menggila nie..

    ReplyDelete
  29. :) senyum dulu ah.... pada dasarnya kita sama jeng... nggak bisa menahan diri kalau dah lihat buku.... sampai pernah terpikir sewaktu melihat saldo menipis, ah beli aja... esok baru nyari duit lagi hehehe...

    ReplyDelete
  30. gpp mba..kan ntar balik lagi tu duit pas awal bualn..hehehehe...

    ReplyDelete
  31. he..he.. hebat berani bayar mahal pengetahuan... seneng baca2 donk.... kebalikan abis ama gw ya... gw cuma suka baca buku soal IT doank... itu juga klo ada gambar2nya... he..he..
    btw klo boros imbangi ama kerja sampingan di blog... gimana??? he..he...

    ReplyDelete
  32. dari pada boros mending duitnya untuk reza he..he..he

    ReplyDelete
  33. Saatnya memikirkan hiburan yang tidak menguras isi dompet tetapi sebaliknya malah menebalkan isi dompet, isi kepala, isi hati dan isi tabungan walau berupa celengan ayam-ayaman, yang penting kan isinya... :)
    Bagaimana kalau mata hanya dicuci atau lebih tepatnya dibasuh dengan air wudhu saja agar semua benteng pertahanan tidak mudah runtuh, bahkan InsyaAllah akan selalu dilindungi dan dijaga pandangannya... Amien

    ReplyDelete
  34. kuenya laris banget ya cc
    jadi lupa dengan blog
    hiks5

    ReplyDelete
  35. wew ngeri kali lah, tapi lom defisit kan yah, gak sampe utang2 segala kan yah hehehe
    CC, pisang ijo.. pisang ijo..
    mau pisang ijo, pliiis!!!

    ReplyDelete
  36. kalo org yg gak punya duit sih santai aja,gak ada yg dipikirin tuh,seperti saya misalnya.

    ReplyDelete
  37. @taktiku, blom.. hihihih weleh klo cewek di maklumi ya?? hihih

    @Panda, hahaha emang cowo borosnya apa siyh? :p

    @harry, wahhhh sahur skg cc sibuk, so abang yang nyamperin ya??? hihihihi.. weleh disangkutin ma anak..hmm kapan ya punya anaknya?? doain aj deyh.. :D

    @Oeoes, hahaha bahaya tuh kang klo jalan bareng, qt ga bisa ngontrol keinginan tuk beli buku hihihi

    @iswant, blom masuk duit hasil jualan kuenya..masih habis di modal dulu.. hihihi btw boleh tuyh, c dikirimin tiap bulan hahahah

    @ujan, hehehe untung masih buku ya? :P

    @manipi, iya juga ya??

    @mochal, lhoo bukannya aa yang mo traktir cc?? gmn siyh??? weleh kok ngebayanginnya jauh benar?? ga niat ngelamar cc khan a?? hahahha

    @mas eiven, iya juga siyh..tp tetep aj siyh unieq ngerasa boros mas..habisan beli buku ga bisa beli 1 hihihi parachhh mana ga ada pemasukan lagiii :D

    @Armand, wajar ji?? traktir k pale buku nahh hahahahaha ya iyalah makhluk lain nda gelisah ji tentang uang..k dy nda perluji pake uang cari makan :P

    ReplyDelete
  38. @lyla, hahaha cc ada temannya ternyata

    @volverhank, iya juga siyh.. :D makasih ya??

    @Jonny, hehehe iya eh.. biar kata tuyh teori udah nyumplek diotak, tetep ga ngaruh!! PSikologi khan untuk Anda! bukan untuk saya! hehehehe wahh klo HEMAT berarti jatah THR buat Jonny di cancel aja y?? :D

    @herro, thx ya mas..

    @Shaleh, wahh ada teman lagi niyh

    @Darkpuccino, iya juga siyh.. makasih ya?

    @Oping, masalahnya Ping, cc juga termasuk orang yang suka novel heheh jadi gitu deyh hihi.. Di Jogja juga ada Ping, Shopping, Social Agency, Raja Murah, sama Toga Mas,huuu surga banged..skg di Mks ga ada..makanya keliatan banged borosnya :(

    @Dien, sy siyh jarang beli di pameran mas, suka pusing ngidernya :D

    @gus, cc blom beruntung mas, soalnya blom ngerti :D

    @richard, sama kok mas, cc juga gitu.. tp klo kebanyakan sering stress juga hehehe hmmm dulu sering ke perpus, tp skg udah malas. baca di google mah juga masih sering kok.. beasiswa s2 h,, ide menarik tuyh :D

    ReplyDelete
  39. @tips PR, wahhh beda ma cc ya?? hihi salam kenal juga

    @dugem, hahahaha ga juga siyh

    @Rogan, hehehehe sama donk!

    @Bunda Rierie, ihhh bunda.. ngomel padahal khan qt sama hahahaha

    @Herveen, hihihi iyah niyh..payah niyh klo kek gini ya??

    @Milla, hahaha iya juga siyhh..

    @Radhi, hahaha habismi semua sy baca.. sy hapal mi malah :P

    @Blogicthink, makasih ya?? wahh qt sama2 boros donk

    @nugraha adi putra, iya juga siyhhh setuju klo yang itu :D

    @Mba Hellen, iya mba... sama banged.. hehehe dasar ya qt?? :D

    ReplyDelete
  40. @Enhal, masalahnya khan cc ga punya kerjaan!

    @Masenchipz, hehehe dasar.. welehh.. masih promosi cari kerja diblog niyh bro?? hihih

    @Reza, hahaha lebih boros lagi kayaknya :D

    @mas Hari, insya Allah Amin mas.. makasih pencerahannya ya mas.. cc memang butuh sedikit pencerahan

    @Shaleh, iya niyh sibukkk!! iksss

    @wen sayang, blom siyh.. hihihihi rencana mo ngutang ma wen :P welehhh bukannya kemaren dah dapat pisang ijonya?? :D

    @Billah, hahaha soalnya Billah lama ga nyetor niyh

    @Qori, hahahaha sama aj siyh..cc juga suka pusing klo ga ada uang :D

    ReplyDelete
  41. tabunganku juga mendekati limit mi hikz hikz hikz
    padahal masih ada buku mo ku beli...
    Tapi buku itu investasi jangka panjang jd biarmi habis sekarang besok2 kembali tonji (hallah... apologi..)

    ReplyDelete
  42. @inart, hihihi sama jeki toh??? :P

    @cahpesisiran, iya :)

    ReplyDelete
  43. BU ROS emang menyebalkan ga bisa lagi ngutan ama dia. Ups ternyata ngomongin boror di, boros=boros=tidah hemat, aku juga gitu kayaknya, kok sama ki di

    ReplyDelete
  44. wah kalo mau gag boroz mah gampang cc,
    pertama jangan keluar rumah dan ke gramedia
    kedua jangan keluar rumah dan ke gramedia
    ketiga jangan keluar rumah dan ke gramedia
    keempat idem
    kelima idem
    ...................wuekekekekekekekeek......., tapi intinya yah gitu deh......

    ReplyDelete
  45. oowalaah, klo boros karena beli buku *yg nntinya kita dapet ilmu yg banyaakk* kyknya gak masalah deh CC,, berarti kita bisa disebut orang kaya dunk *kaya ilmu, kaya buku* yaaa kan?? ;)

    ReplyDelete
  46. ass senior...
    mana smua mi teman alumni ta?
    kasi rame dulu forum na sma 4
    http://forum.sman4mks.sch.id

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^