Saturday, June 14, 2008

Jajanan Khas Makassar

Setelah 2 kali posting tentang tempat wisata, sekarang back ke makanan lagi ya?? Cc janji khan bakalan nambahin makanannya.. yg kemaren itu khan masih dikit banged.. niyh masih PR dari mas Boim.. masih banyak banged niyh.

Kali ini giliran tentang makanan ringan dulu ajaH ya?? Makassar juga penuh dengan makanan ringan yg khas lhooo..

Pertama, Pisang Epe, Wah.. yg pernah maen ke losari, pasti juga pernah makan niyh jajanan.. ya secara disepanjang losari banyak yg jualan.. Apa siyh pisang epe itu??? Niyh makanan adalah pisang muda lalu bakar dan kemudian digepengin, lalu dimakan bersama saus gula merah+duren. Rasanya??? Jangan Tanya deyh.. uenakkkk tenan… beneran.. apalagi yang senang dengan duren.. klo yg ga senang ma duren,, tenang.., ada saus gula merah tanpa duren kok. Rasanya juga ga kalah enaknya.

Dimana dapetin pisang epe? Tenang.. niyh yg jualan banyak kok disepanjang losari, ada juga di pantai laguna. Harganya sekitar Rp. 5000/porsi. Sekarang siyh udah mule di modif, ada campuran keju or coklatnya. Tapi klo cc pribadi siyh lebih senang yg rasa aslii.. so klo maen ke Makassar, duduk² sambil liad sunset di losari, jangan lupa pula sambil makan pisang epe.

Next, Jalangkote. Nama yg aneh ya?? What the meaning of Jalangkote??? Klo liad penampakannya pasti orang bilangnya niyh pastel khan?? Emang mirip.. serupa tp ga sama.. lalu bedanya dmn??? Hmm beda dirasa, beda di isi juga. Klo ga percaya, coba ajaH deyh beli pastel dmn ajaH, asal jangan di Makassar, lalu makan bersama Jalangkote. Rasakan bedanya..

Perbedaan yg cc rasanya salah satunya, klo Jalkot (jalangkote) tuyh lebih garing kulitnya.. rasanya jelas beda.. dan sambelnya juga.. Paling enak makan Jalkot bersama sambel.. hmmm jadi ngilerrrr uenak tenan. Ada banyak penjual Jalkot di Makassar, ada yg dinamakan Jalkot Salahutu, soalnya yg jualan tinggalnya di Jl. Salahutu, ada juga Jalkot Lasinrang, niyh yang jualan tinggal di Lasinrang hehehe Lalu andalan cc, Jalkot Mahkota, niyh bukan jualan di Jl. Mahkota hehe, niyh Jualannya Jl. Rusa. Harganya sekitaran Rp. 2500/biji. Hmm itung2 ajaH sanggup makan jalkot berapa.. klo cc jangan Tanya.. hihi cc kuat niyh makan berapa ajaH, jadi klo niat traktir cc jalkot, mikir dulu deyh.. bakalan bangkrut krut krut hihihihi

Masih banyak tempat lain yang jualan siyh, tp ketiga tempat itu yg recommended. Yg lainnya cc ga jamin rasanya enak!

Niyh jajanan juga sering kok dijadiin ole². Asal ngomong dulu ma penjualnya, biar Jalkotnya digoreng setengah mateng. Katanya siyh biar ga gampang basi.

Nah setelah makan Pisang epe n jalkot, qt lanjut minum sarabba. Asal jangan makan pisang epe or jalkot sambil minum sarabba, ga bakalan nyambung.

Sarabba hampir sama ma bandrek, bedanya bandrek khan Cuma jahe ma gula jawa tok!! Nah klo Sarabba ini pake santan. Rasanya?? Seger banged, apalagi klo masuk angin trus minum.. wuihh rasa Jahenya segerrr banged. Niyh sarabba cocoknya diminum bersama sanggara’ or gorengan. Terserah mau itu Sanggara’ Ubi (singkong goreng), sanggara’ bakara (sukun goreng), ato sanggara’ unti (pisang goreng).

Banyak macem menu Sarabba, ada sarabba biasa, namanya juga biasa, y standar lha, ga pake campuran apa², lalu sarabba telur, niyh pake telur ayam kampung mentah, dicampur dalam 1 gelas. Lalu sarabba susu, niyh sarabba tambah susu kental manis, klo yg ga terlalu senang rasa jahe, niyh pilihan yg pas, soalnya rasa jahenya ga begitu terasa, coz ada campuran susunya. N last, sarabba susu telur, niyh sarabba campur.. rasanya? Semuanya enak kok, tergantung selera sukanya yg mana. Harganya sekitar Rp. 3000 – Rp. 5000 tergantung pesan yg mana, mo gelas kecil or gelas besar. Klo cc siyh suka mesan sarabba biasa besar.. wahh asli segerrr banged.

Dimana beli sarabbanya?? Banyak penjual sarabba di Makassar, tp ga banyak yang pas dilidah, yang rasanya asli enak. Kebanyakan tuyh rasanya hambar.. iks.. ga enak banged. Nah nyari sarabbanya pertama nyari di Jl. Sungai cerekang (sucer) niyh udah terkenal tempat penjual sarabba. Disepanjang jalan ini ada 3 penjual sarabba, dari ujung yang berbatasan dengan jl. Bawakaraeng, sampe ujung sucer yg berbatasan dg JL. Bulusaraung. Disini ada 3 penjual sarabba,klo mau yang paling enak, diujung yang berbatasan dengan jl bawakaraeng, lalu ujung yg berbatasan dengan bulusaraung. Dan yg paling ga enak (not recommended) yg ditengah!

Ada juga di Jl. Alauddin depan Lembaga permasyarakatan. Disini tiap malam rame.. minum sarabba sambil lesehan.. asyik, lebih mudah di akses juga siyh. Secara jalan protocol. Tiap malam rame,, tp tutupnya cepat, jam 11 biasanya udah habis. Nah disucer itu memang persiapan sampe jam 1 malam, bahkan biasa siyh sampe jam 2 malam. Dulu hampir tiap malam tuyh cc nongkrong disucer ma teman². Lebih seger rasanya nikmatin sarabba tengah malam. Kata kebanyakan orang, minum sarabba dibawah jam 10 itu masih terlalu soreee..

Gmn, semakin tertarik toh ke Makassar?? Mas Boim, mo nambah sarabba ga diwaroeng kopinya?? Dijamin bakal tambah rame deyh hihihihi

Ok deyh, gitu ajaH dulu, ntar posting ttg makanan lain lagi, n tempat wisata lain lagi..

Ket Foto :

  • Foto Pisang epe, dipinjem dari sini.

  • Foto Jalkot n Sarabba, koleksi G73 (Generation of 73 – cc n family organization)

18 comments:

  1. duh pic makanannya bikin laper aja :D

    ReplyDelete
  2. oh tidaaaaaaaaaaaakkkksss... cinta mati sm duren!!!!

    ReplyDelete
  3. wah bener2 nih jd laper...mana belum sempet sarapan lg.....tolong dikirm ya unieq ke lampung...he...he

    ReplyDelete
  4. cc.. itu futu jalkotnya ko' ada jg nimbrung songko'(peci a.k.a kopiah)xiix.. sp mi itu yg punya??

    eh dirimu lupa kasi masuk jajanan pisan molen.. itu jg ciri khas mks. loh..trs kue kebangsaan frenship..!!seen barongko'..slurrppp

    ReplyDelete
  5. @ gadis, emang bikin laper heheh

    @Shaleh, sama, cc juga laper :(

    @oping, woww sama ping, iksss banci duren bangeeeeddd! :D

    @Mas Boim, ok mas, segera dikirim, eh tp lebih enakan makan di mks deyh mas, so mas boim ajaH ke mks hihihi

    @mpit, hihi itu songkok na inar yg kasi masuk..secara futu koleksi na
    bahh bukan lupa, cuma blom dikasi masukji saja,,kepanjangan bela, nantipi ada mi sudah kusiapkan lagi!

    ReplyDelete
  6. Nyamanna Pisang Epe ditambah Sarabba

    ReplyDelete
  7. Aaaarghhh!!! Unieq!!! sumprit dah jadi pengen pisang epe, dulu dsini pernah ada yg jual tp trus gulung tiker gak tau deh ilang kemana
    *mupeng ma laper ini* hayuk kamu tanggung jawab...

    ReplyDelete
  8. hmmmm..... enakna mamo

    Oo..... panada .... roti goreng

    Oo... tarajong jalangkote

    ReplyDelete
  9. makan pisang epe di losari, wah cucok sekali tuh…
    jalkot itu peta ya, kok isinya nama-nama jalan…
    nah kalau sarabba itu apanya surabbi ya, temennya bajigur kali…

    ReplyDelete
  10. Kayaknya enak enak tuh jajanan khas makassar. Bikin orang kepengen nyoba aja nih......

    ReplyDelete
  11. Duch.... jadi pengen Pisang epe lagi neh. ;)

    Pisang epe, enaknya di makan di pinggir pantai yack?

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. @Tony, laper ya mas, hayuu ke Mks hihihi

    @dokter, nyamangi memang.. :)

    @Wendy, makanya kesini atuh wen, dijamin ga mupeng deyh hihihi

    @iksan, enak memang,,, kangen ko toh sama makassar

    @Mas Hari, yup memang pas sekali mas, hihi

    @Rush^_^Boy, wahh jangan salah, jajanan makassar emang selalu bikin ngiler..makanya kesini donk :P

    @dhie, ga juga siyh, tp kebanyakan yg jualannya di pinggir pantai, so dapat banged gitu suasananya :)

    ReplyDelete
  14. hiks net dsini koneksi netnya lg terus2an jatuh bangun, jelek bgt putus2 mulu:( sama aja ku tak bs ngobrol dengan dirimu say, huaaa aku kalu marah bawaannya laper lo ini. aku mau pisang epe!!!
    miss you...

    ReplyDelete
  15. wah.... klo gw dinas luar... ibu jadi guidenya ya... jadi pengin nyicipin tuh makanan...

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^