Thursday, June 12, 2008

Wisata Alam Bantimurung

Cc kembali lagi niyh cerita soal tempat wisata yg ada di Makassar, masih request-an mas Boim.. bakalan banyak niyh mas hehehehe

Kali ini cc mo cerita tentang wisata Alam Bantimurung. Secara geografis wisata alam ini bukan merupakan bagian dari Kota Makassar, tapi merupakan bagian dari Kabupaten Maros, Kabupaten yang berbatasan utara dengan kota Makassar. Untuk sampe ke wisata alam Bantimurung ini, kita hanya perlu menempuh perjalanan +/- 45 Km, atau +/- 1,5 jam perjalanan. Tapi klo berangkatnya dari bandara lebih dekat lagi, mgk sekitar 30 menit sudah sampe ke lokasi ini.

Banyak keindahan yg bisa dinikmati di wisata Alam Bantimurung ini, ada Air terjun, menikmati gugusan Gua Karst, Ato melihat beragam spesies kupu² yang terbang bebas diwisata alam ini.

Masuk pintu gerbang wisata alam ini, qt disuguhkan dengan patung kera raksasa, yang menjadi pintu gerbang tempat wisata ini, qt lewat dibawah patung ini lhoooo... untung cuma patung y?? klo beneran, wah wah bakalan repot, bisa jadi pas lewat dibawahnya, eh keranya malah pup.. (jorse ya?? :P)

Setelah masuk pintu gerbang, qt langsung menuju tempat parkir, di area parkir ini sudah banyak pedangang yang menjajakan beraneka ragam, mulai dari makanan, sampai aksesoris, eh ada juga siyh miniatur kupu² yang sudah di awetkan (iks ga setuju siyh sama yg ini, membunuh spesies yang ada, itu makanya saat ini sudah ga terlalu banyak lagi kupu² yang terbang bebas, banyak pemburuan liar, lalu si kupu² malang itu di awetkan.. iksss sedihhh).

Masuk pintu gerbang, qt blom dikenakan biaya, nanti pas dipintu masuk, baru deyh, untuk orang dewasa cukup membayar 5000 rupiah, dan anak² 3000 rupiah.. (sampai bulan lalu, tarifnya masih segini, ga tau y skg, ikutan naik bersama dengan naiknya BBM apa ga? Blom sempat ngecek lagi).

Sepanjang perjalanan masuk ini qt sudah mendengar derasnya air terjun, yg indahnya lagi, sejak masuk qt sudah ditemani kupu² indah yang terbang bebas, sayang skg sudah ga terlalu banyak lagi.. Untuk istirahat, ato sekedar menaruh barang bawaan, ga perlu khawatir, banyak disewakan tikar kok, harganya pun beragam, tergantung lokasi n besarnya tikar tersebut, harga sewanya pun beragam mulai dari 20rb rupiah, sampe 100rb juga ada.

Jangan takut ga bawa makanan ke wisata alam ini, karena banyak banged penjual makanan disekitar air terjun, harganya pun standar kok. So ga perlu repot, kecuali klo rombongan, lebih hemat bawa makanan dari rumah.

Nah klo udah masuk kedalam, jelas tujuan utamanya ke air terjun utama.. sayang tempat ini selalu saja ramai, jadi harus rebutan klo mau menikmati cucuran langsung air terjun, klo mau asyik siyh datangnya pagian ajaH, masih sepi dan bisa puas deyh nikmatinnya..

Ini dy foto air terjun utamanya.. asyik khan?? maaph ya, niyh foto koleksi tahun lalu, tahun ini cc blom sempat kesana siyh, jadi make stock tahun lalu ajaH, suasananya tetep sama kok hehehe

Kewisata alam ini, jangan lupa bawa baju ganti, ga asyik rasanya klo ke sini, tp ga menikmati cucuran air terjun.. tenang,, banyak kok tempat ganti pakaian, dan ga dipungut biaya, alias gratissssss tisss tissss!!

Nah dari Air terjun utama, ada lagi air terjun selanjutnya, air terjun kedua ini terletak diatas air terjun utama, jadi qt harus naik dulu ke atas air terjun utama, terdapat tangga yg mengikuti arus air terjun utama kok, lalu berjalan +/- 800 M, tp medan jalannya cenderung licin dan sempit, sisi kanan, sungai yg langsung menuju air terjun utama, lalu sisi kiri, tebing, so kudu² hati² memang. Tp capeknya jalan menuju air terjun kedua terobati ketika udah sampai kelokasi..


Memang tidak begitu curam seperti air terjun Utama, tp tetep indah kok, dan udaranyapun lebih segarrrrrr

Ini dy penampakan air terjun kedua..

Memang ga terlalu banyak yg mandi disini, katanya siyh ada pusaran air di air terjun kedua ini, makanya ga banyak orang, sering makan korban siyh. Di sekitar air terjun kedua ini terdapat Gua Batu, sebuah Gua karst, banyak terdapat stalaktit dan stalakmit yang indah disini, untuk masuk ke Gua Batu, qt dikenakan biaya masuk lagi, ditambah biaya sewa lampu petromaks, ya iyalah, didalam khan gelap booo.. masa mo jalan didalam kegelapan. O ya di Gua Batu ini ada yg dinamakan Stalaktit Jodoh lhoo, ada sebuah Stalaktit yang bentuknya seperti sepasang kekasih, konon kabarnya klo sepasang kekasih mengikatkan dua utas tali, -or whatever, yg jelas bisa diikat gitu- kemudian diikatkan kembali ke stalaktir jodoh ini, hubungannya bakal langgeng. Ini konon lho, cc juga blom pernah nyoba siyh, blom pernah kesana ma pacar hihihi

Eh iya, dibawah, dekat air terjun utama, juga ada Gua karst lho,, namanya Gua Mimpi, hampir sama dengan Gua batu, mesti nyewa petromaks juga.. sama indahnya dengan Gua Batu kok,.. susah siyh ngegambarin suasana dalam Gua.. datang ajaH dan liad sendiri hihihihihi

Eitttss sebelum pulang jangan lupa mampir ke gallery Kupu² yang ada dilokasi ini.. qt bakal disuguhkan ragam spesies kupu2.. klo pernah dengar Bantimurung ini dijuluki The Kingdom of Butterfly, ya karena banyaknya ragam spesies kupu2 di wisata alam ini... pokoknya ga rugii deyhh klo sini. Kepenatan bakal hilang...

Eh klo ada yang niat nginap, disini juga disediakan penginapan lhooooo.... mo menikmati air terjun dipagi hariiiiii?? nginap ajaH.. hihih

Ok deyh segitu dulu ajaH ya??? ntar disambung sama postingan yg lain lagi.. masih banyak utang ma mas Boim.. satu2 ya mas.. heheheheheh


20 comments:

  1. wew... pin ksana hik. eh iya oping tau yg kupu2 itu pernah masuk liputan di good morning trans tv kl ga salah...
    mbak... mbak harus vote indonesia. jd skr ada nominasi buat 7 keajaiban dunia yg baru tp site nya nature. bukan bikinan manusia ky borobudur itu. klik ke http://www.new7wonders.com/ hihihihi. abis singapura aja yg orang2 nya lebih melek internet jdnya pada ngevote pdhal site nya ga bagus2 amet.

    ReplyDelete
  2. q pernah ke bantimurung. dari pasar pa baeng baeng terus belok kanan ke panakukang abis itu sampai di terminal panaikang trus sampai di paotere e malah nyasar di karebosi akhirnya ya jogging disana ke ke ke
    fuh.... capek na mo

    ReplyDelete
  3. wew.. ada ple cc air terjun keduanya.
    terkahir diriku pergi bersama dirinya bulan 3 yg lalu.dan oh MG arus air di air terjun pertama dehh.. DERASnya smpe² petugas BM ndak ijinkan kesana. diriku hanya memijaki tangga yg menju air terjun k2, tp tak sampe kesana..kiranya sdh tak ada lagi :((

    iyahh klo soal mw ksana, trs lupa bawa makanan, harga makanan disana murahh..rah,,rah,,, dah enak,t4 makannya enak dan yang pasti mengeyangkan..xixiix...

    cc.. nnti frenship ke BM dewh.. mw k liad itu air terjun k2!!!nah..nahh dirimu jd EO saja spy anak2 yg lain mw..xiixiix

    ReplyDelete
  4. wah seru nih tempatnya...pa lg air terjunnya....masuknya murah lg...kira2 jauh ga dr rumahnya unieq...he..hee

    ReplyDelete
  5. ah ,dibanjar juga ada,hehehe
    boleh dah kamu kesana.

    ReplyDelete
  6. @oping, yup ping, beneran yang itu hehehehe eh iya ping, cc dengar tuyh, singapur ngasih akses gratis ke warganya untuk ngevote.. indonesia kok ga ya?? hihih

    @iksan, huu dasar dirimu selalu ga nyambung kekekekeke

    @mpit, ada say, lebih cantik lhoo bahh hayuuuu eh frenship ke BM, bah let me handle this xixixixxi

    @Gadis rantau, untuk dirimu selalu ada kok :)

    @Boim, jauh siyh mas, tp ga kerasa kok jauhnya perjalanannya :)

    @ngatini.. jangan cuman pengen, kesini donk :)

    @billah, ya donk keren, mau kesini?? demi billah cc antar deyh :P

    ReplyDelete
  7. waaa ada tempat mandi gratis tapi koq jawoooh bener yak hehehe;p

    ReplyDelete
  8. iya bner tuh mbak... mendingan bantimurung aja yg dmasukin nominasi huehuehue...

    ReplyDelete
  9. @nengDJ, nanti ya neng, klo dah kaya hihih untuk sementara traktir uang masuknya dulu ajaH ok!!

    @Wen, huuu dasar, ngejar gratisannya ajaH :P

    @oping, iya yahh..toh asli.. bukan buatan manusia.. ayoo dukung terussss :)

    ReplyDelete
  10. wah, asyik tuh. Aku aja lom pernah kesana

    ReplyDelete
  11. wuih..keren kayaknya yah...seru jg kalo bs maen2 ksana suatu saat..

    ReplyDelete
  12. 1.bagaimana kalau yang ngawetin kupu-kupu diawetkan saja…
    2.jalan-jalan ke bantimurung, membuat hati tak jadi murung…
    3.mantaff abiss tuh waterfall, bikin ngiler aza…

    ReplyDelete
  13. @Rush ^_^ Boy, makanya kesini donk :P

    @ mike, makanya nanti disempatin ya?? sy tunggu :)

    @Mas Hary
    1. Setuju
    2. Setuju lagi
    3. Setuju.. memang bikin ngiler, hayuuu makanya ke mks ya?? :)

    ReplyDelete
  14. wew aku pernah ke bantimurung! seu bangeeeet!
    ada pengawetan kupu2 juga kaan, :D

    ReplyDelete
  15. bantimurung emnk oke banget apa lagi kalau kita jalan ama pasangan kita,hu...kudu asik bangat.suasananya sejuk bangat rasax yaman bangat deh.....!!!!@(o-o)@
    from yetti/silu

    ReplyDelete
  16. makanya kalau penasaran mo liat WISATA BANTIMURUNG kemakassar aja key.

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^