Sunday, June 08, 2008

Wisata Pantai di Makassar

Basicly, sangat susah nyari tempat wisata untuk kota Makassarnya sendiri, karena kebanyakan tempat wisata itu terletak diluar Makassar, tapi kali ini cc ngepostnya tentang tempat wisata yang khusus ada di Makassar ajah yahh.

Tempat wisata di Makassar kebanyakan wisata bahari, ada gugusan pulau² yang harus ditempuh dengan naik speedboat ato kapal penumpang yang telah disediakan, ada pula wisata bahari yang ga perlu jauh² kepulau, cukup naik kendaraan ajaH, eh udah sampai ajaH.

Kali ini cc bakal cerita tentang tempat wisata bahari yang bisa ditempuh hanya dengan kendaraan darat ajaH.. Ada pantai Losari.. Wah wah wah semua pasti sudah tau Pantai ini. Dulu Pantai ini selain tempat wisata untuk melihat sunset pada sore hari juga tempat wisata kuliner, ada banyak jajanan yang bisa di dapat sambil duduk² menikmati sunset. Seperti Pisang Epe, Aneka Juice, Aneka Makanan berat seperti Nasi Goreng, Mie Kering, dll. Tapi karena alasan macet, maka lokasi tersebut dipindahkan ke Pantai Laguna, letaknya tidak jauh dari pantai losari, hanya saja dari pantai laguna, qt tidak bisa lagi menikmati sunset sambil mencicipi jajanan khas Makassar.

Kini pantai Losari dibangun sebuah Anjungan. Di anjungan inilah tempat paling asyik menikmati sunset, sambil duduk² menikmati sunset, qt juga bisa sambil online, karena sejak April 2007, kawasan ini sudah menjadi kawasan HotSpot. Tempat ini ramai, klo pagi hari, kembali sepi pas siang hari, ya iyalah, panas banged boo,, dan kemudian kembali ramai pada sore hari. Qt juga bisa menikmati keliling² sekitar pantai menggunakan Perahu Bebek. Ada yang untuk beramai², kurang lebih sekitar 20 orang bisa naik. Sewanya 3000/orang/sekali mutar. Ada juga yang khusus untuk berdua, ini ngambil Bebek²nya di tempat yang berbeda, harganya pun beda. Bebek untuk 2 orang dikenain 12rb/jamnya.

Sepanjang pantai losari, yang paling bagus view sunsetnya itu di depan Kareba, agak ke Selatan dikit, dekat MGH, nah disini viewnya paling OK, ga terlalu ramai juga, tp yang namanya pengamen jalanan dan pengemis kecil ga bisa dihindari, ini ada disepanjang pantai losari.

Ok itu tentang pantai losari, yang kedua yang cc mo ceritakan adalah Akkarena. Ini dapat diakses langsung dari kota satelit Tanjung Bunga, jalan masuknya ga terlalu jauh dari pantai losari. Akkarena ini tempatnya lebih asyik buat mandi², karena merupakan pantai pasir, sedangkan pantai losari adalah pantai karang.

Karena Akkarena ini sudah dikelola, maka masuk ke wilayah inipun dikenakan biaya, 4000/orang dan ditambah lagi biaya untuk kendaraan, 2000 untuk mobil dan 1000 untuk motor. Didalam Akkarena ini pula sudah terdapat cafĂ©, sehingga, orang² yang masuk kawasan ini jarang membawa makanan dari luar. Sebenarnya yang asyik di pantai ini klo mau asyik duduk menikmati sunset tanpa di ganggu pengamen dan pengemis cilik. Tapi kawasan ini tidak terlalu ramai, karena dikenakan biaya/orang.

Kemudian qt ke Tanjung Bayang, yang juga bersambung dengan Tanjung Bayam.. Ato sama aj,,entahlah!! Yang jelas itulah yang dimaksud. Tempat ini, walopun pantainya ga sebersih Akkarena, tp pengunjung yang datang kesini tiap pagi dan sore banyakkk banged. Yahh kebanyakan orang klo mau mandi² Air laut, datangnya kesini, mau pesta bakar ikan juga datangnya ke tempat ini, mo perpisahan ato raker juga datang kesini.

Di tanjung Bayam ini tersedia beberapa rumah yang bisa ditempati untuk acara keluarga, ato acara organisasi, bisa di sewa/malam, ato Cuma sewa 1 hari ajaH.. Harga sewanya bermacam², tergantung lagi musim liburan ato ga, klo hari biasa siyh sewanya dari 100rb sampe 200rb, n klo lagi musim liburan bisa lebih dari itu/malamnya ato perharinya. Fasilitasnya, selain kamar mandi, (wlopun juga banyak terdapat kamar mandi umum siyh) juga disediakan tempat bakar ikan, jadi qt bisa pesta ikan… sayang disini ga ada yang jualan ikan, jadi klo mau pesta ikan, ya ikannya bawa sendiri dari rumah.

Selain itu juga tersedia bale-bale tempat istirahat ato sekedar naroh barang², tp jangan takut kelaparan, disini banyak jajanan, wlopun jarang yang jualan makanan berat, tp penjual jagung bakar dan minuman kecil banyak ditempat ini. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Akkarena. Klo di Akkarena, dikenakan biaya masuk perorang, di Tanjung Bayam ini, dikenakan biaya masuk perkendaraan, 5000 untuk mobil dan 3000 untuk motor. Sebenarnya siyh ini sifatnya seperti pungutan liarr..kemudian nanti sebelum qt meninggalkan lokasi qt bakal dikenakan lagi biaya parkir.

Kemudian yang terakhir itu Pantai Barombong. Honestly, sejak niyh pantai Barombong jadi proyek pemerintah untuk lebih ditingkatkan kawasan wisatanya cc blom pernah lagi kesana, duluuu banged siyh cc kesananya, tempat ini hampir sama dengan Tanjung Bayam, dan juga masih terusan dari tanjung Bayam, istilahnya niyh klo mau nyusur pantai, jalan dari Akkarena sampe Pantai Barombong bisa kok.. Cuma ya itu gemporrr hehehe. Skg Pantai Barombong ini lebih asyik, ada restaurant seafoof disana, so qt bisa pesta makan ikan, tinggal pilih ikannya, di bakarkan dan qt tinggal duduk menunggu pesanan datang, dan langsung menikmati.

Tapi diantara keempat pantai yang cc ceritakan itu, yang paling banyak dikunjungi ya Tanjung Bayam itu, murah, ramai, ga terlalu jauh, setidaknya ga seperti Pantai Barombong yang cukup jauh.. bisa dijadiin tempat perpisahan, wlopun di pantai Barombong juga bisa, tp sewa rumahnya cenderung mahal siyh.. So pilihannya siyh ada ditangan sahabat blogger ajaH, klo Cuma ingin menikmati Sunset sebentar, ato sekedar jalan-jalan pagi, bisa ke pantai losari. Klo mau liad Sunset, maen bola, maen volley pantai tanpa gangguan pengamen, ato mo tempat pacaran yang asyik heheh yang ke Akkarena ajaH. Klo mau mandi² air laut, perpisahan, ato sekedar ngumpul ma teman, bisa ke Tanjung Bayam, nah klo mau Makan ikan bersama dengan kolega sambil memandang laut biru,.. ke Barombong adalah pilihan yang tepat.

Ok ya mas boim, niyh cc udah postingin 1, yang lainnya nanti ya?? Sudah masuk daftar tunggu kok,, :)

13 comments:

  1. wew..keknya ada yang salah cc!!
    biaya masuk ke akkarena itu Rp 5000/kepala (diriku kan sering banget kesana)
    trus untuk parkir motor di tanjung bayang itu.kan cuman 1000/motor...

    ReplyDelete
  2. heheh sudah 5000 mi kah?? lama ma gang nda kesana, secara nda ada pacar huhurhru terakhir qt kesana rame2 nda kuperhatikan berapa di bayar..

    trus yang di tanjung bayang kayaknya tergantung yang jaga deyh, klo baek na kasi 1000/motor, klo jaddala ki minta lebih,.. maklum pungli

    ok mpit, thx masukan na.. maunya sy tanya ko dulu di.. baru bikin post heuehue

    ReplyDelete
  3. Ketahuaaaannnn selingkuh yg ke 2 :P

    ReplyDelete
  4. Lembayung senja memang juaranya dalam menggores nuansa jingga di temaram peraduannya, semua itu terlukis indah di sebuah tempat yang bernama pantai…

    ReplyDelete
  5. weit...kemREN malem lupa kasih cooment...."pantai losari"..wah pantai nya masih bersih ya...tdk seperti disini sudah pd kotor...ngomong2 disana ada fasilitas bakar ikan jg ya....pa bawa sendiri???he..he...thanks atas postingannya....

    ReplyDelete
  6. waaa nyesel dulu pas papa tugas di kendari gak maksa2 wat ngajakin jalan2 ke makasar hiks, huaaa...
    btw bole ni besok kl pas maen ksana make jasa unieq wat jadi guide hehehe

    ReplyDelete
  7. bos postingan km kok panjang sekali.
    salam dari surabaya marikidi ke ke ke
    nake 12 taun tinggal di mks kodong salo kama ke ke ke

    ReplyDelete
  8. duduk duduk di pantai losari anging mamiri sejuk sepoi sepoi ada cewek ta
    duduk di dekat ta enakna mamo sampe lupaki pulang

    ReplyDelete
  9. kamar uniik mah tergantung siapa yang menemani kita tidur to?

    ReplyDelete
  10. @Billah, ga selingkuh kok bil, cuma futu bareng di pantai sambil menikmati sunset.. ohh romantis sekali xixiixixixi ayoo cemburu yahh :P

    @Mas Hari, untaian kata yg indah mas :)

    @Mas Boim, untuk mandi dipantai losari siyh ga asyik mas, banyakan anak2 kecil ajaH, asyik tuyh di Akkarena, Bayang, n Barombong. Klo mau bakar ikan, di Barombong udah disediain, n dibakarin lagi, klo di bayang y bawa sendiri, bakar sendiri hehe, di Akkarena, kayaknya ga bisa deyh.

    @wen, wah rugi wen ga sempat mampir makassar,nanti kesini yahh diriku siap jadi guide+traktir km coto heheh

    @iksan, ini pesanan khusus jadi harus jelas n panjang.. tp memang postinganku rata2 panjang siyh.. heheh
    hahahah enak memang duduk di pantai losari sama pacar :P

    @Ndoro Setan, kayaknya salah t4 comment deyh :P

    ReplyDelete
  11. POSTINGANNYA BAGUS BANGET

    AKU JADI KANGEN PENGEN PULANG KE UJUNG PANDANG...

    SEKALIAN MAKAN COTO, BUGALU (KAPURUNG), PALLU BASA, BAKSO YANG FEAT UBI.. ES TELER, JALAN2 KE PANTAI LOSARI, AKKARENA, PULANG KE PALOPO, MAKAN IKAN SEGAR, WAHHHH BUUUUAAAANNYAAAKK LAGI...

    MAKASSAARRTTTT KU TUNGGU AKU YA....

    ReplyDelete
  12. huaaaaaaaaaaa pin liburaaaaaaaaaaaaaaaaaan

    ReplyDelete
  13. Wuahhh.. Losari... iyah, asik juga klo sore-sore duduk di anjungannya. Paling asik klo nginep di hotel yg jendelanya ngehadap ke pantai langsung... seger banget pas bangun tidur mandangin pantai dari jendela kamar...

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^