Wednesday, June 25, 2008

Klo waktunya pergi, ya memang harus pergi

Selasa, 23 Juni 2008, habis ngenet bentar diwarnet dekat rumah, cc segera pulang, ya berhubung sudah maghrib juga, n sekalian after maghriban mo jemput Mpit, tuk ngumpul n rapat bareng ma #Frenship. Seperti biasa, senja kaya gitu, udah tugas cc ngebuatin kopi tuk Etta (baca : Bapak), setelah naruh Kopi diatas meja kerja Etta, ponsel Etta berdering, cc liad Private Number.. hmm cc males banged niyh sama yang ginian..sok nyembuiin identitas. Cc biarin aja, toh ga jelas, lagipula Etta juga lagi ngaji sama Mace (Baca : Ibu) sambil nunggu datangnya waktu Sholat Isya.

Telpon Private Number berdering terus, kayaknya memang penting siyh, akhirnya cc pun manggil Etta, ya kali emang penting, n yg nelpon ga sadar klo ID callnya ga terbaca (kadang khan ada yg kaya gitu, ga sadar masih aktif hidden numbernya). Etta ngangkat, pake bahasa bugis, berarti telp dari sodara ato ponakan Etta. Ga lama Etta masuk kamar, n ngomong klo Etta Halim (om cc, Kakak sulung Bapak, OOT, dalam keluarga cc, khususnya yg dari bapak, semua dipanggil Etta, mau itu Bapak cc, dan semua sodara² dari Bapak, jadi om dan tante cc ya di panggil Etta, ga ngerti juga siyh kenapa mesti manggil gitu, yang jelas cc juga dapat panggilan itu dari ponakan² cc, aduhh kok kesannya tua ya?? Aneh ajaH di panggil Etta uNieQ,kesannya kaya tua banged yah?? He9.. ok deyh lanjuttt) Meninggal.

Innalillahi wa Innailahi Rojiun..

Wah cc jadi merasa sedikit bersalah, secara sempat ngebiarin ponsel Etta tetep berbunyi, padahal berita penting.. iks Maaf ya Etta..

Berita itu Jelas membuat cc kaget, seingat cc, waktu terakhir ke Takkalasi (Kampung Etta) blio masih sehat² ajaH, masih kuat ke kebun ngambilin pisang buat cc (maklum Banana lovers banged) dengan sepeda ontel andalannya, dan berita itu jelas buat cc sekeluarga kaget, y wlopun kami semua tahu, umur beliau yang udah 70 tahun memang udah sangat rentan.

Dengar berita itu cc langsung nelp in-art, secara tuyh manusia lagi ga dirumah, sementara jelas kami sekeluarga harus ke Takkalasi malam itu. Kami tiba di Takkalasi udah pukul 00.05 WITA, Setelah perjalanan yang cukup panjang, (padahal biasanya 2 jam juga udah nyampe) ya secara banyak yang harus kami jemput malam itu. Ada 10 orang penumpang malam itu yang ngikut bareng cc, Etta Kibe`, Etta Mellah, cc sekeluarga(4 org + teman Etta), Kakak Nona n Suami, n last Kakak Mia. Sementara Etta Kaddas (Adek Bungsu Etta) udah berada disana, bersama Etta Lijah (Istri Etta Halim) dan Kakak Suka n Istri (Anak tertua Etta Halim) cc masuk kedalam, melihat sebentar jenazah Etta Halim, lalu masuk ke kamar mencari Kakak Dahe (Anak Bungsu Etta Halim), cc langsung memeluknya dalam diam, dalam keadaan sedih seperti itu, mereka Cuma butuh dukungan. cc sengaja ga bicara banyak, takut pertahanan cc juga bobol, secara air mata ini udah ngintip.

Setelah mengalirkan sedikit kekuatan dan mengaji buat jenazah Etta Halim, cc pamit ke Rumah Besar (rumah almarhum Nenek cc) untuk istirahat, udah set 2 dini hari, masih butuh energy banyak buat pemakaman besok.

Paginya, setelah mandi dan beberes, cc kembali datang kerumah duka, sudah banyak keluarga disana, sepupu² cc yang lain juga udah kumpul semua, setelah persiapan yang lumayan lama, habis sholat Dzuhur jenazah dibawa kepemakaman keluarga, tempat Etta Halim tidur tenang.

Dalam diam juga cc ninggalin pemakaman bersama in-art, setelah sebelumnya mengambil sedikit tanah kuburan, dan menaruh ke atas kuburan Etta Halim lalu berdoa untuk blio. Ya Klo waktunya pergi memang harus pergi, tak ada gunanya menangis, karena hanya akan menghambat jalan blio.

Selamat Jalan Etta, cc yakin, ini memang jalan terbaik, dan sudah takdir yang digariskan oleh Allah.Tidur tenang dalam tidur panjangmu.. Insya Allah kami Ikhlas dengan kepergianmu.

17 comments:

  1. Innalillahi wainailaihirojiun
    semoga senantiasa tabah, sabar buat kluarga yg dtinggalkan, amiiin. hidup mati manusia gak pernah ada yg tau yah:) btw Etta-nya teh banyak pisan, abdi teh jadi bingung, lier euy hehehe;p

    ReplyDelete
  2. innalillahi wa innailaihirojiun...

    turut berduka cita ya mbak..

    ReplyDelete
  3. sesungguhnya kita semua milik Alloh dan hanya kepadaNya kita kembali

    ReplyDelete
  4. semua yang bernyawa pasti akan meninggal mbak... :(

    ReplyDelete
  5. Waahhh saya ikut berduka cita...semoga amal baik beliau diterima di sisi-Nya amien...dan juga semoga keluarga yg ditinggalkan bisa sabar dan tabah menghadapi ini....

    ReplyDelete
  6. what a god's secret.

    semoga apa yang telah dilakukan di dunia , baik dan buruknya mendapat balasan yang sesuai, seperti yang telah dijanjikan oleh-Nya.

    ReplyDelete
  7. innalillahi wa innailaihirojiun... maaf klo telat... gw turut berduka cita mba... smoga amal ibadahnya diterima oleh-Nya.. dan yg ditinggalkan senantiasa diberi petunjuk dan kesabaran... amiin

    ttd
    www.masenchipz.com
    mo nulis nama/URL ga kebuka..jdinya pake TTD)

    ReplyDelete
  8. oohh....turut berduka cita...moga keluarga yang di tinggalkan di beri ketabahan... amiieenn

    ReplyDelete
  9. boim lebon turut berduka cita, semoga keluarga yang ditinggal almarhum...diberikan ketabahan...

    ReplyDelete
  10. inna lilahi wa inna ilaihi rojiun..
    turut berduka ya etta cc... :)
    smoga amal ibadahnya diterima amin.. dan keluarga yg ditinggaln yg sabar yah...

    ReplyDelete
  11. Turut berduka cita....
    semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan...

    ReplyDelete
  12. segala sesutau ada masanya cc..

    kehidupan seorang manusia akan mempunyai masa...akhir dri segalanya
    dan dunia pun punya masa..masa akhir yang tak ada sedikpun kehidupan nantinya..

    jadi,,berserah diri atas kuasa-Nya :)

    xixiix..nabi banget yaKKk omonganku :P

    ReplyDelete
  13. Tabah ya jenk, hidup mati telah ditentukan jadi Qta hanya bisa mengikhlaskan, smg beliau mendapat ketenangan disisiNya, Amin

    ReplyDelete
  14. cuma sabar dan tabah itu yg bsa gw sampaikan... smga diberi kekuatan lahir bathin bt semuanya... amiin

    ReplyDelete
  15. jangan lanjutin lagi aku ga punya ember buat numpahin air mataku

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^