Friday, June 20, 2008

Makassar dan Pisangnya (o`o ada apa ya??)

Makassar tuyh terkenal banged dengan jajanan dari olahan pisangnya, buktinya hampir semua makanan khas berbahan dasar pisang, sebut ajaH Pisang ijo, Barongko, Pallubutung, Roko2 unti n Pisang Epe (klo yang ini cc udah posting khan?). itu juga alesan kenapa cc addict banged ma pisang,.. heheh cinta banged deyh ma pisangggg.. (kebalikan ma Mas Atmo-m2m niyh..)

Pertama bahas Barongko dulu ya, Fav banged niyh sama kue yang 1 ini.. susah dapatnya, soalnya bikinnya juga susah, hmm repot siyh tepatnya, soalnya pake bungkus daun segala..weleh! Tapi niyh makanan selalu ada donk klo ada acara kawinan.. kayaknya salah satu kue yg harus ada deyh..

Rasa niyh kue manis, bahkan biasa ada yg manis banged.. (ciri khas kue bugis emang manis) ya klo yang bikin pinter, maka adonannya bakal pas.. ga neko2 siyh bahannya, Cuma gula, telur, dan pisang, serta daun pisangnya.. gula dikocok dulu bersama pisang sampe pisangnya halus dan adonannya tercampur rata, lalu dicampur kocok lagi bersama telurnya, sampai rata, lalu di masukkan kedalam daun pisang yang udah dibentuk. Trus dikukus.. cc siyh tau cara bikinnya, tp blom berani bikin hihih masih senang makan siyh. Berhubung niyh makanan basah, jadi ga bakal tahan lama klo ga dimasukin dalam kulkas.. Wuihh jadi ngilerrr.. sapa lagi ya yang mo bawain cc barongko…wuihhhh !seen barongko..slurrrrrppppssss

Ok tinggalkan barongko, qt masuk ke roko-roko unti. Nama yg aneh ya? Hehehe niyh semacam nogosari klo dalam bahasa jawanya. Rasanya hampir2 sama, tp tetep beda roko-roko unti punya Makassar. Niyh makanan juga dibungkus ma daun pisang, bakal aneh rasanya klo ga dibungkus daun pisang..niyh juga salah satu kue yang harus ada klo acara kawinan. Dulu klo ada keluarga dari kampung datang, pasti bawa niyh kue, Cuma skg ga lagiii hiks,., padahal dulu cc menantikan kedatangan mereka hanya untuk makan beberapa bungkus roko-roko unti ini. Niyh termasuk makanan basah juga, so jangan lama2 di anggurin.

Next, niyh juga andalan cc (kaya`na semua makanan, andalan cc deyh hihihih) Pisang Ijo…. Wuaaaahhh cinta banged ma makanan yang 1 ini. Klo di rating, Pisang Ijo n barongko masuk rating paling atas, ga bisa di ganggu gugat!!! Niyh makanan juga musiman, sebenarnya siyh ga musiman banged, Cuma kadang orang2 pada males bikinnya, so pas puasa ajaH banyaknya, diluar itu, bakal susah banged dapatnya. Klopun ada, dalam jumlah terbatas. Eh tapi kadang di sekitar rumah cc ada yang jualan lhooo… ya tp itu rasanya ga bisa dipertanggungjawabkan hehehe.

Diluar Makassar juga banyak kok yang jualan ini, tp kembali rasanya kadang ga bisa dipertanggungjawabkan.. iks sedih banged. Dulu waktu cc masih kuliah di Yk, pernah lagi ngidam banged sama ini makanan, pergilah cc ke Selokan depan Kehutanan UGM (depan kampusnya wen niyh) disana ada yang jualan bakso (lupa namanya apa) trus ada juga pisang ijonya. Pertama flanya encer banged, kedua sirupnya merahnya bukan DHT, dan yang pualing penting, pisangnya bukan pisang raja, kulitnya juga rasanya aneh!!! Iksss… langsung ilang selera makan..

Pisang ijo ini cara buatnya gampang siyh, Cuma ya harus telaten (semua juga harus ditelatenin ya?) lalu campuran flanya juga harus enak, bakal lain rasanya klo tuyh santan di ganti susu. Udah ga khas.. dan yang terpenting niyh.. sirup merahnya.. klo ga DHT (itu lho sirup pisang Ambon, eh di Cirebon ada siyh yang serupa tp ga sama ma DHT ini, TJampolay ya klo ga salah namanya.. nah ini bisa jadi alternative klo ga dapat DHT. Rasanya sapa kok, asal jangan di ganti ma sirup merah biasa.. bakal ga dapat rasanya!) klo mau nikmatin dingin ya dikasih serutan es, jadinya khan Es Pisang Ijo.. hihihi

Lalu Pallubutung, niyh semacam kolak pisang yang pake fla putih itu lho,, khan ada yang warna coklat toh?? Nahh klo warna putih, di Makassar ini disebutnya Pallubutung, cara buatnya juga gampang, mo langsung pisangnya direbus bareng sama Flanya, ato dibuat terpisah, klo dipisah, pisangnya direbus dulu bersama kulit, nanti pas mau dihidangin di potong2 dan ditaroh diatas piring or mangkok, baru deyh di siram Fla (harus campuran tepung dan santan juga – klo pake susu rasa khasnya ilang, wlopun tetep enak siyh) lalu kasi serutan es klo suka, dan disiram sirup DHT. Rasanya??? Wuaaaaaahhhh sueeeegeeeerrrnyaaaa Polll!!!!!!

Percaya khan klo Makassar gudangnya makanan enak??? Makanya hayyooo ke Makassar… tinggal pilih mo makan apa.. ntar qt hunting bersama :)

Weleh niyh kaya`na masih banyak lagi utang postingan makanan ma tempat wisatanya.. ya sabar ya Mas Boim.. Ntar diposting semua, biar Mas Boim dan sahabat blogger yang lain semakin tertarik ke Makassar :)

Btw maaf klo judule agak nyeleneh hihihihihihih biar bikin penasaran, tp jadinya ngiler khan?? hayuuu ke Makassar... :) Buat wen niyh udah ta kasi gambarnya pisang Ijo, moga ga ngiler lagi hihihihihi

Ket Foto :

- Barongko, G-73 Collection

- Roko-roko unti pinjam dari sini, Pisang IJo pinjam disini, dan Pallubutung minjemnya dari sini (ga punya koleksi pribadi siyh)

17 comments:

  1. cuman mo ninggalin jejak disini...
    barangkali terlupa... or sengaja lupain^^

    ReplyDelete
  2. tampilan pisangnya menggugah selera..ni..kapan di kirim ke lampung

    ReplyDelete
  3. haloo aku jg dari makassar loh hihih, tp tinggal di jkt.
    iya barongko emg enak! apalagi kalo ada acara keluarga pasti tuh makanan2 disajiin heehe

    ReplyDelete
  4. hentikaaaaan... oping lg diet!!! gagal mulu nih (huahauhauhau)

    ReplyDelete
  5. Aku suka pisang ijo... di kampusku ada orang jual itu. Enak banget

    ReplyDelete
  6. dari semua jajanan pisangnya makassar..diriku beri top rank untuk barongko yang lainyyyaaaaaaaa lewaddd(xiix korban iklan)
    bah g trllu suka,apalgi yg di kasi flan² kek plabut sm pisang ijo..mw flannya itu original santan tanp ada campuran sedkit terigu dan tepung² semacam yg mengentalkannya..

    !seen santan kental bubur kacang ijo..slurrppp

    ReplyDelete
  7. ngileeer mode on deh gitu liat yang namanya makanan :)

    ReplyDelete
  8. Pisang di goreng, panas teruus di atasnya di taruh vanila es krim, di guyur madu, ama kacang almond,..hmmmmmmmmmmmmm,.sruput?...

    ReplyDelete
  9. Emmmppphhh..,kira2 klo dikirim ke jogja jadinya kayak apa yakk..?!Abies diliat gambarnya aja menggugah selera bangets..,apalagi liat langsung yakk..??bisa GILA mungkin aku..!!Tp baguss..,teruzin postingan wisata kulinernya..!!Bisa buat panduan tar klo ke makassar..!!Tengkiu..!!Salam menggila..!!

    ReplyDelete
  10. pisang di rating, weleh… bisa aja nih si uNieQ, banana lovers sekali nampaknya, repotnya kalau diajak pergi ke kebun binatang banyak pesaing-pesaing tangguh disana… :)

    ReplyDelete
  11. kalau di bawah kelapa itu ada apa ya ? ke ke ke pasti penasaran dech ke ke ke ke

    ReplyDelete
  12. @kepedihan, ga pernah dilupain kok :)

    @Mas Boim, hehe kesini aj mas :)

    @cewek_culun, sama sy juga laper

    @mellovegood, wahh iya..barongko memang andalan acara keluarga

    @oping, hentikan dietmu nak!

    @Shaleh, sama cc juga suka kok :)

    @Mpit, nassa mi barongko memang is the best.. slrupsss

    @Etet Ireng, wew.,.. enak tuyh

    @menggila, udah ga ada rasanya nanti klo sampe jogja hehe iya deyh tunggu aja ya??

    @Mas Hari, hehehe iya banana addict tepatny.. ga bisa hidup tnp pisang heheheeh

    @iksan, dende sukanya nda nyambung :P

    ReplyDelete
  13. aaaaaa laperrrr liat makanan dsni nieq hihihi

    ReplyDelete
  14. Seingatku, aku belum pernah makan pisang ijo. Kok bisa kelewat ya?! padahal di Yk kan banyak tuh yang jual.

    ReplyDelete
  15. Abang paling senang sm pallubutung dan pisang ijo ... dulu kalo kesana tiap hari makan itu ...sekarang dah lama gak ke kampung ayah ..rinduuu

    ReplyDelete
  16. lupa ya masukin pisang goreng belanda ama pisang goreng jandanya...he..he..he...salam kenal ya nieq..dr makassar kuwait.

    ReplyDelete

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^