Thursday, October 01, 2015

Bye Bye Gigi Impaksi Part 1

Sebelum nikah dulu, sempat kontrol ke dentist, hal yang jarang banget sebenarnya saya lakukan kalau ga butuh2 banget, kebetulan waktu itu gigi geraham saya sudah lubang parah dan udah sakit banget, jadi saya minta dicabut aja.

Pas diperiksa sama dentist cantik dan baik hati, beliau bilang saya punya gigi bungsu yang tumbuhnya miring, disebut dengan gigi impaksi, letaknya pas disebelah gigi saya yang mau dicabut itu, jadi mbak dentist menyarankan untuk mencabut juga, karena selain sudah lubang, gigi impaksi itu kalau sakit sakitnya ampun2an pluuus banyak penyakit lain yang akan timbul jika tidak segera dieksekusi.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, saya mempunyai 2 gigi impaksi, kanan bawah dan kiri bawah. Dentist menyarankan untuk segera dicabut, tapi ga bisa ditempat prakteknya melainkan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut, katanya kalau mau nyabut, saya dan dia janjian mengosongkan jadwal 1 hari untuk mengeksekusi gigi saya, karena ada 2 berarti ada 2 kali pertemuan, setelah nanya proses dan lain2, tibalah saya nanya biaya untuk cabut gigi impaksi, kata dentist cantik, sekitar 1,5-2jt/gigi tergantung tingkat kesulitan gigi, itupun harus difoto dulu untuk mendapatkan gambaran posisi gigi saya dan tentu biayanya lain lagi.

Mendengar biayanya saya otomatis mundur seketika, waktu itu saya berstatus jobless walaupun yaa saya menjalani bisnis kue kecil2an saya, tapi untuk mendapatkan biaya hingga segitu untuk nyabut gigi rasanya terlalu mahaal. Manalah saya juga tidak punya asuransi kesehatan.

Cerita sama teman, teman juga punya masalah gigi yang sama, tapi bedanya asuransi kantornya bisa mengcover biaya odontectomynya, dia sekalian minta dicabut dua2nya, sekali jalan, soalnya dia harus keluar kota untuk melakukan odontectomy.

Jadilah saya berharap si gigi ini bakal tanggal sendiri haahahaha manalah bisaaaaaaaa. Setelah nikah saya sama sekali lupa tentang gigi saya ini, bukan lupa sih, tepatnya mengabaikan, sampai akhirnya pas lagi hamil, giginya nyut2.. huaaaaaaa sakiiiiittt banget, waktu malah bilang pokoknya begitu habis melahirkan mau langsung cabut ajaaaa.

Sampe sudah melahirkan lupa lagi *plak*, emangg ya kalau ga berasa sakit itu dilupakan, hingga bulan lalu, gigi saya senut2 ga tertahankan, diminumin obatpun ga mempaaaaan, mana ga bisa sering2 minum obat karena saya masih menyusui. Tapi karena sudah ga tahan akhirnya kembali ke dentist. pas ngecek dan melihat gigi impaksi saya, dentist menyarankan untuk segera eksekusi aja, mumpung belum hamil lagi dan mumpung rahangnya masih bisa diajak kompromi, katanya nanti sakitnya bakal berkali2 lipat dan bahkan rahang susah buat dibuka, belum lagi kemungkinan kena kista gusi, isshhh ngeri-ngeri sedap.

Hasil nanya2, alhamdulillah odontectomy ternyata ditanggung BPJS, tau gitu khan dari awal nikah aja nyabutnya, apalagi saya sempat kosong 1 tahun ga hamil2, kesempatan banget tuh, tapi dasar duduls yang kayak gini sukaaa aja diabaikan.

Dirujuklah saya ke rumah sakit dimana terdapat poli gigi dan mulut, dari sana saya diminta untuk foto panoramic dulu (untung yaa tertanggung BPJS, kalau ga mesti bayar antara 150-200rb nih), hasil foto keluar saya diminta kembali besok karena poli sudah tutup.

Besok pas ketemu sama dokternya, dia menjelaskan bahwa odontectomy itu mesti nginap/opname 1 malam diRS, jadilah saya minta dijadwalkan saja, karena saya belum siap, apalagi ada bayi, mintalah saya dijadwalkan 2 minggu kemudian. Trus dijelaskan juga posisi gigi impaksi saya, jadi keduanya posisi horizontal, plus giginya juga sudah lubang keduanya, jadi prosesnya bisa lama. untuk awal dicabutnya yang sebelah kiri dulu karena sudah parah, apalagi gigi sebelahnya juga sudah tanggal.

Nahh Selasa 29 September kemarin adalah waktu yang sudah saya tetapkan, saya sudah siap dengan segala kemungkinan yang pernah saya baca/dengar tentang odontectomy ini, dijadwalkan pagi jam 9, tapi ternyata dokternya baru datang jam 9 lewat hihi jadi pas datang saya mengurus dulu ke bpjs berdasarkan kartu kontrol, setelah itu saya langsung masuk keruang poli, di tensi, lalu dibius dibeberapa titik didekat gigi saya.

Yang ngebius dan ngetensi, perawat diruang poli, lalu ditanyain apakah bibir bawah saya sudah keram? waktu itu sih saya baru ngerasain lidah saya yang kebas, tapi ga lama bibir bawah juga ikut kebas, mulailah proses odontectomy, ntah berapa alat yang mondar-mandir masuk dalam mulut saya, beberapa kali juga saya merasa ngilu yang akhirnya biusnya ditambah.

Kurang lebih sekitar 40 menit, akhirnya si gigi tanggal juga dari tempatnyaaa, legaaaa banget, bibir saya sampe lecet2 ditarik2 biar bisa ngebuka lebar. pegel booo nganga selama kurang lebih 40 menit. Tamponpun berkali2 diganti karena darahnya banyak bangeeet.

Setelah proses selesai, si asisten yang menjahit gusi saya, efek biuspun hilang pas ngejahit, rasanyaaa, wuihhh ga bisa dijelaskan, bayangin aja gusi ditusuk benang jahit, ngiluuuu, untung mas perawatnya segera nyuntikkin obat bius lagi, kalau ga salah hitung ada 3 jahitan. Lalu saya kemudian disuruh untuk gigit tampon kurang lebih 1 jam, ga boleh kumur, ga boleh meludah. ishh puasa deh sejam.

Selesai, kemudian dikasih rujukan untuk opname, kenapa ga diawal yaa, setidaknya khan Hilmi dan Ambenya bisa istirahat dikamar sementara gigi saya dikerja. Dikasih resep juga untuk ditebus. Karena kelamaan nunggu indonya cabut gigi, Hilmi sampe tertidur, kasian juga ambenya pasti pegel gendongin Hilmi plus pake bolak-balik ngurus ini-itu.

Untungnya ada kamar VVIP yang kosong, gayaa ya pakai VVIP, sebenarnya sih maunya kita ambil VIP aja, kita yang awam ini mengira kamar yang kami tuju sudah kamar VIP, ternyata bangunan tsb memang bangunan VIP/VVIP, tapi yang VIP dilantai atas dan VVIP dilantai bawah, dengan PDnya kita nyerahin berkas ke perawat bagian VVIP dilantai bawah hahaha untung bedanya cuma 20rb dan nginapnya cuma semalam, kalau 5 malam lumayan tuhh.

Sebenarnya sih semua sudah ditanggung BPJS, tapiii tanggungan BPJS kami hanya bisa mengcover untuk nginap dikamar kelas 2, nah karena ada baby, trus pertimbangin juga kenyamanan kami, jadi kami memutuskan untuk ngambil kamar VIP aja, biar sendirian dikamar, jadi kami tinggal bayar selisih saja. Kemarin sih bayar 200rb.

Alhamdulillah pasca odontectomy, saya tidak demam, ga pendarahan, pipi ga bengkak2 banget, ga keliatan bedanya antara kiri dan kanan, cuma saya aja merasa yang sebelah kiri lebih tebal hehhe, trusss beberapa orang bilang biasanya pasca odon tuh sakit, apalagi pas efek bius habis. Tapi alhamdulillah saya ga merasa kek gitu sih.

Dokternya juga ga mengharuskan makan bubur, cukup makan yang lunak aja katanya. Besoknya sebelum pulang disuruh kontrol dulu ke poli lagiiiii.

Tapi tetap aja saya minta bubur sih ke pihak RS, cuma buburnya dicampur sama sayur. biar enaaak dan kerupuk hahaha geloo ga sih habis odon sudah makan kerupuuuk.

Besoknya pas kontrol diresepin albothyl untuk ditetes ke air dan dipakai kumur. Lumayan lha bikin kesat dalam mulut, secara yaaa setelah odon ini, sikat gigi ga maksimal. Setelah kontrol dibolehin pulanggg. Horeeeeeeee.

Tinggal diminta kontrol jahitan seminggu lagi dan mungkin menjadwalkan pencabutan impaksi yang satunya lagi, tapi nanti2 aja lha, tunggu gusi sebelah kiri stabil duluuuu.

So, bagi kalian yang punya gigi impaksi, saran saya sebelum sakit mending segera dieksekusi segera dehh, daripada berlarut malah jadi sakit. Tidak usah khawatir ga sakiiittt kok. dannn free (kalau pakai asuransi) hehe.

Nanti cerita2 lagi kalau dah cabut gigi impaksi yang satunya.

No comments:

Post a Comment

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^