Tuesday, February 24, 2015

Akhir Trimester Ketiga

Alhamdulillah sudah masuk fase dimana si baby siap lahir kapan saja. Saat ini usia kandungan memasuki minggu ke 37, moga dimudahkan segala prosesnya, ibu dan debaynya dalam keadaan sehat. Aamiin.

Sebenarnya memasuki usia kandungan segini belum menyiapkan segala perlengkapan sih, beberapa perlengkapan bayi sih udah siap, nah tinggal perlengkapan ibunya aja nih yang masih belum ada.

Dokumen2 seperti fc KTP, fc kartu BPJS, dan fc KK baru nyiapin tadi, itupun gegera semalam dan subuh tadi saya merasakan kontraksi yang agak lama durasinya dari biasanya, efek makan durian nih semalam, jadi deg-deg apakah ini sudah waktunya? Cerita ke adik, disuruh segera periksa, kali aja sudah ada pembukaan, tapi saya masih nunggu dulu, kalau rasa nyerinya kembali datang, saya akan segera berangkat. Dan alhamdulillah hingga saat ini, kontraksinya udah ga muncul lagi.

Selain belum siap, saya sebenarnya merasa ini masih terlalu dini jika memang harus melahirkan sekarang, walaupun jika menurut beberapa artikel usia kandungan segini si debay sudah siap lahir, keponakan saya pun lahir dengan usia kandungan 37 minggu, alhamdulillah lahirnya sehat dan beratnya lrbih dari 3 kg.

Nahh si baby dalam perut saya ketika saya kontrol minggu lalu beratnya masih 2,5kg, nah jika pertambahannya mencapai 250gr perminggu, berarti masih sekitar 2,7an, masih kecil kali ya? Walaupun kata orang2 diatas 2,5kg itu udah normal, ntar kena angin dan ASI yang cukup juga pasti bakal besar hehehehe tapi intinya sih saya mungkin blm siap mental hahaha

Alhamdulillah sejak uk.31 minggu, posisi debaynya sudah stabil dan ga sungsang lagi, padahal ketika uk. 27 minggu masih sungsang posisinya, sama dokter saya disarankan banyak2 sujud dengan posisi kepala dan dada menempel dilantai/kasur. Ada juga yang menyarankan banyakin ngepel jongkok, dicoba aja semua saran yang dikasih sama orangtua, insyaAllah semua sarannya baik kok.

Jalan pagi juga bagus agar miss V lebih elastis dan melatih pernafasan kita, ganti jalan pagi dengan jalan2 di mall juga bisa hihihi asal bisa kontrol diri yaa, kalau capek yaa istirahat, jangan memaksakan diri.

Nah usia kehamilan 35 minggu katanya si baby sudah masuk panggul untuk menuju jalan lahir, jika debaynya belum masuk panggul, ga usah khawatir, banyak latihan-latihan yang bisa dijalani kok, seperti yoga, naik turun tangga, goyang ngebor (posisi bungkuk dengan tangan bertumpu didepan, lalu pinggul digoyang kiri dan kanan dengan perlahan) bisa dengan duduk bersila, dan pinggul goyang kiri kanan, semua latihan2 ini agar proses lahirannya lancar.

Minggu2 akhir ini sama adik saya, saya sudah disarankan sering-sering melakukan induksi alami seperti stimulasi puting, berhubungan suami istri, dan melakukan beberapa pijatan ringan, karena kalau sampai mesti diinduksi pakai obat ketika saatnya nanti katanya sakitbya luar biasa, nah biar ntar lahirannya lancar, ga ada salahnya mulai dengan metode induksi alami ini.

Moga saya selalu diberi kesehatan menjalani akhir proses kehamilan saya yang pertama ini, dan buah hati kami bisa lahir dengan lancar, sehat, dan sempurna. Aamiin.

Doain yaaaa

No comments:

Post a Comment

Thx udah Comment Yaks.. ^_^ sering mampir n comment di KaMaR uNieQ Lho.. ^^